Awalun, Training Guru

Blog ini saya awali setelah dengan seringnya membaca blog-nya banyak orang. Dari situ saya ingin menulis sendiri tentang aktivitas saya, isi hati saya, pengalaman saya, bercerita tentang murid-murid saya, perkembangan sekolah, keluarga dan masih banyak yang lain.

Atau bahkan bisa jadi ini akan jadi ajang untuk para guru di SMK swasta di mana saya mengabdi sejak 1996. Banyak pengalaman, suka duka yang belum terekam dengan baik. Mungkin rekaman secara konvensional (kertas) sudah banyak, tetapi apakah sudah terekam jugadi dunia cyber ini? Yang mungkin bisa diambil manfaatnya oleh orang lain, SMK lain, bisa dibaca oleh pihak-pihak yang berkepentingan seperti orang Dikmenjur Pusat Jakarta, Propinsi, Kabupaten atau lembaga lain, yang ingin banyak tahu tentang perkembangan SMK kami.

Blog ini saya awali dengan cerita bahwa:

Training Peningkatan Kompetensi Guru di bidang TIK sudah dilaksanakan. Saya puas bisa berbagi ilmu dengan teman-2 guru yang lain. Rata-rata mereka antusias untuk belajar karena dengan menyemangati mereka bahwa “Belum tahu wajib belajar, sudah tahu wajib mengajari” mereka jadi ikut-ikut ngajari teman yang belum tahu atau bahkan telat untuk belajar karena datangnya terlambat… :)). Lucu juga, padahal mereka juga baru dapat ilmu, istilah baru, hal baru yang belum fimilier di telinga mereka, tapi mereka sudah mampu mengajari sedikit pada teman yang lain. Wah… luar biasa.

Cakupan materi sih sebenarnya masih di aplikasi Word Processor, Lembar Sebar & menggunakan E-mail. Tapi hal ini sudah merupakan kompetensi dasar yang wajib dikuasai oleh guru-guru SMK khususnya. Word Processor misalnya, kompetensi minimal yang harus dikuasai adalah mampu membuat soal sendiri, mampu membuat laporan sendiri, mampu menyusun Modul sendiri, membuat surat resmi sederhana (berkop surat SMK), dan yang lain. Lembar sebar, kompetensi minimalnya antara lain, guru SMK mampu membuat Program Tahunan, Program Semester, Presensi Siswa, Penilaian, Ranking, membuat laporan pertanggung jawaban keuangan, membuat grafik, dan masih banyak lagi.

Tentang menggunakan E-mail, nah ini banyak lucunya…. :))

Dari proses browsing (sebelum SignUp) sudah banyak yang minta dibukakan ini, mencari gambar itu, bagaimana mencari informasi kelanjutan sinetron ini, apakah ada tips memotong rambut yang baik. hihihihihihi…… lucu wes pokoknya. Ada juga yang diem-2 aja alias belum ngerti sama sekali.

Waktu SignUp, mereka rata-rata membuat ID dengan nama anak mereka masing-masing, ada nama julukan, bahkan ada yang pake NIP-nya sendiri karena berkali-kali ditolak oleh mail server, gara-garanya namanya sudah banyak yang pakai (alias namanyapasaran) hihihihihihihihi……

OK, itulah cerita tentang pelaksanaan training guru di SMK saya. Asyiknya berbagi ilmu. Asyiknya bisa belajar bareng. Walaupun sudah pada tua-tua, tapi semangat belajar tetap OK. Iya nggak..!!

Ada yang mengatakan begini: “Aku iki sa’ jane wis dikongkon belajar komputer wis suwe pas tahun 1990, tapi sek lagi kelakon saiki, tahun 2007“. (saya ini seharusnya sudah disuruh belajar komputer sudah lama sejak tahun 1990, tapi baru terjalani sekarang, tahun 2007)

Nah.. lo… :))

Meski tua, tetap belajar internet!! Coy

2 thoughts on “Awalun, Training Guru

Tinggalkan Balasan

