Ikut Workshop “Komunitas Internet Pendidikan”

Kemarin (minggu, 29 April) saya menghadiri sebuah workshop yang khusus untuk pendidikan. Menghadiri seperti ini saya paling semangat. Meski tidak begitu banyak peserta, tapi saya tetap antusias mengikuti setiap sesion.

Workshop ini diselenggarakan oleh SMK + aM Singosari, Malang, dengan pemateri langsung dari Komunitas INDIK (“Komunitas Internet Pendidikan”) yang disupport oleh IndosatM2, Universitas Islam Malang, dan Kartika Eka Niaga (KEN) Komputer Surabaya.

Mmm… menurut saya, perusahaan-2 yang sudah berskala nasional seperti ini sudah seharusnya mendukung setiap gerakan pendidikan untuk dapat mengakses informasi secara global, agar SDM masyarakat Indonesia lebih meningkat dengan sering bertambahnya informasi secara gratis di internet.

Tujuan dari wokshop ini, antara lain:

  1. Memasyarakatkan INTERNET BERSIH di lingkungan sekolah masing-masing.
  2. Melakukan koneksi internet yang MURAH dan terjangkau, tanpa mengurangi kualitas koneksi/kualitas layanan.
  3. Membentuk pusat informasi untuk masyarakat pendidik yang BERKUALITAS.

Workshop ini dihadiri oleh ketua Komunitas INDIK Jawa TImur, yaitu Bapak Ashar Asiki, Dipl.Com, beliaunya juga salah satu dosen di Un. Islam Malang. Admin Jaringan dari IndosatM2, Bapak Johan Giri Wijaya dan Bapak Diki Okiandri, ST dari Unisma.

Selama workshop kami dibukakan pengetahuan tentang bagaimana membangun router sendiri dengan menggunakan hardware dan software produksi mikrotik. Cara-cara membuatnya cukup sederhana dan menurut saya sangat simple. Tidak serumit bila kita menggunakan Linux SuSE 9, basis text, yang dulu pernah saya alami waktu ikut sebagai peserta Teknisi ICT Client Jardiknas, di SMK N 1 Singosari.

Kami juga dibukakan tentang komparasi (membandingkan) bagaimana bila kita akses internet dengan menggunakan Telkomnet Instan, Speedy, dan jalur-2 lain selain di atas. Mmm…. cukup menarik, kita jadi tahu keuntunghan dan kelebihan masing-2 koneksi. Tergantung dari: rutin/tidak kita koneksi internet, berapa lama kita koneksi, terus untuk apa kita koneksi, berapa banyak data yang akan diambil/dikirm. Nah, semua tergantung dengan hal-hal tersebut.

Workshop ini masih akan berlanjut ke seminar yang lebih GEDE, lebih banyak peserta, lebih detail dalam materi, muatan materi lebih berbobot. Saya menunggu undangan seminar yang akan datang berikutnya. Saya siap!

17 thoughts on “Ikut Workshop “Komunitas Internet Pendidikan”

  1. Kapan ada Workshop lagi? Tolong kalau ada saya diberi informasi, InsyaAlloh saya ikut mengingat hal kegiatan tersebut sangat penting untuk pengembangan pengetahuan saya sebagai guru TI

  2. mudah2an smk+am singosari bisa ngadakan workshoop lagi …. trs kapan teman2 dari area malang bisa konek dengan indik smk+am yaa,… suwun pak. novel

  3. Saya sangat setuju sekali dengan adanya workshop ” Komunitas Internet Pendidikan” ini terus berlanjut dan mudah – mudahan bisa diadakan di tiap kota atau daerah, supaya anak bangsa ini bisa lebih pintar dan lebih berwawasan khususnya di bidang TI

    Admin Pendidikan kita

  4. saya saya setuju dan ingin juga di daerah saya juga diadakan workshop tentang dunia internet…
    semoga pendidikan di negara ini semakin berkembang layaknya perkembangan teknologi

    salam kenal dari Sabang, NAD

  5. Saya juga pingin tuh acara yang beginian kebetulan di saya Cianjur (SMKN 1 Cilaku ) sarana nya dah lengkap dari sisi peralatan, tapi dari sisi SDM masih kurang pengetahuan tentang internet dan sejenisnya, kalo ada nih di Cianjur ada Komunitas Internet Pendidikan saya pingin ikutan baik sebagai peserta maupun Komunitas Internet Pendidikanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s